Langkah-Langkah Dalam e-Klaim BPJS Ketenagakerjaan

oneleicesterstreet.com– Bagi anda yang telah menginjak dunia pekerjaan, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah program yang bertujuan untuk melindungi tenaga kerja. Dalam mengantisipasi resiko sosial ekonomi tertentu, atau dengan kata lain BPJS Ketenagakerjaan adalah asuransi dari lembaga negara.

Sebelum menjadi BPJS, dulunya perlindungan terhadap tenaga kerja ada dibawah naungan PT Jamsostek. Namun pada tanggal 1 Januari 2014 berganti nama menjadi BPJS. Berdasarkan kepada Undang-undang No. 3 Tahun 1992, program BPJS ini merupakan kewajiban yang perlu dibayarkan dari pihak pemberi (perusahaan) dan pekerja.

BPJS Ketenagakerjaan ini melindungi pekerja dengan berbagai macam jaminan yang ditawarkan. Jaminan tersebut salah satunya ialah Jaminan Hari Tua (JHT). Nantinya selama anda masih bekerja, setiap bulannya anda akan membayar iuran sesuai dengan jaminan yang anda pilih. Dimana sebagian dari dana tersebut akan ditabung untuk dana JHT yang dimaksud.

Namun, ada beberapa orang yang mungkin keluar dari pekerjaannya dan ingin mengklaim dana tersebut. Kini mengklaim dana tersebut terbilang cukup mudah karena bisa dilakukan secara online. Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan ini terbagi kedalam tiga pilihan (khusus untuk klaim Jaminan Hari Tua ). Pengklaiman dana JHT tersebut terdiri dari 10%, 30% dan juga 100% dari besar saldo JHT yang anda miliki.

Berikut langkah-langkah dalam proses klaim secara online :

1. Buatlah akun melalui situs BPJS Ketenagakerjaan di link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs.Jika anda klik akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini. Dan anda klik Daftar Pengguna bagi yang belum memiliki akun dan klik LOGIN bagi yang sudah memiliki akun.

2. Setelah muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini, anda tinggal isi segmen yang akan anda pilih dan juga email aktif yang anda miliki. Untuk segmen sendiri tersedia 3 pilihan, diantaranya :

  • Penerima Upah (PU).
  • Bukan Penerima Upah (BPU).
  • Pekerja Migran Indonesia (PMI).

3. Jika sudah dikirim, tunggu kode aktivasi dikirimkan oleh sistem BPJS Ketenagakerjaan. Setelah akun anda benar-benar aktif, langkah selanjutnya anda login menggunakan akun email dan password yang anda daftarkan. Dan akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini :

4. Jika sudah muncul gambar seperti pada no 3, selanjutnya anda pilih menu e-Klaim JHT. Lengkapi data pada laman pengajuan klaim elektronik tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan. Seperti data :

  • Pilihan Kartu Peserta BPJS ( anda pilih KPJ ).
  • Pilihan Aksi ( anda pilih Pengajuan Klaim ).
  • Jenis Klaim ( anda pilih sesuai dengan kondisi, contoh mengundurkan diri ).

5. Setelah semua data berhasil diisi sesuai dengan yang dibutuhkan. Selanjutnya anda klik “Submit Form” dan perhatikan bagian “Informasi Transaksi” lalu klik tombol “Lanjutkan“.

6. Setelah itu anda akan menerima SMS ataupun e-mail pemberitahuan nomor PIN. Dan langkah yang harus anda lakukan hanya mengisi dengan lengkap formulir yang muncul setelah langkah pada nomor 5.

7. Persiapkan dokumen untuk e-Klaim, selanjutnya unggah dokumen-dokumen yang diperlukan tersebut. Diantaranya adalah dokumen :

  • KTP.
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Paklaring (Surat Keterangan Berhenti Bekerja yang dibuat dan Diberikan oleh Kantor Perusahaan Tempat Bekerja Sebelumnya).
  • Buku Tabungan Bank.

8. Setelah langkah tersebut, anda akan kembali menerima e-mail berisi data pengajuan pencairan serta pemberitahuan cabang kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk memvalidasi data.

9. Tunggu panggilan (e-mail) untuk datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat sesuai dengan yang anda pilih. Dan membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu.

10. Cetak e-mail konfirmasi yang sudah anda dapatkan. Lalu datang ke kantor cabang BPJS dengan membawa dokumen asli dan salinannya. Masing-masing sebanyak 1 lembar.

11. Karena anda melalui jalur online, antrian tidak akan terlalu lama. Setelah anda selesai mengurus datanya, proses transfer saldo BPJS Ketenagakerjaan akan membutuhkan waktu normal 10 hari kerja sampai dana tersebut benar-benar dikirim ke rekening anda.

Ilutrasi Gambar : AturDuit